Trans Men Night Out

Halo!

Transhition sering banget dapet pertanyaan ‘kapan kumpul’ dan ‘kapan trans men camp lagi’. Yep, karena kesibukan dan situasi isu LGBT yang lagi panas sejak 2016 lalu, Transhition jadi belum sempat ngadain Trans Men Camp lagi. Kumpul-kumpul rutin antar trans men juga belum juga kesampaian.

Sementara itu makin banyak trans men muda yang menghubungi Transhition juga. Ada yang curhat soal keluarga, tanya-tanya tentang trans, dan tentu saja konsultasi soal rencana transisi dari soal terapi hormon atau sampai ganti KTP. Jempol admin jadi pegel karena tiap hari bisa melayani 2-5 konsultasi sekaligus.

Jadi, biar jempol admin gak bengkak karena harus jawab satu-satu tiap hari, dan biar temen-temen semua bisa belajar dari pengalaman satu sama lain, mulai bulan Maret 2018 Transhition bikin acara rutin yang namanya Trans Men Night Out (TMNO).


TMNO adalah acara kumpul khusus trans men selama sehari semalam (menginap). Lewat TMNO, Transhition ingin menyediakan ruang aman buat temen-temen trans men untuk belajar, berbagi pengalaman, dan curhat serta konsultasi secara langsung.

Apa aja yang bakal kita lakuin di TMNO?

1. BELAJAR
  • Trans dan identitas gender (penting banget buat memahami diri sendiri dan ngasih penjelasan ke orang lain soal dirimu) 
  • Transisi (mengenali jenis-jenis transisi, lengkap dengan cara dan resikonya masing-masing) 
  • Rencana masa depan (iya dong, calon menantu idaman kita harus punya rencana masa depan yang baik biar hidup kita sebagai trans men semakin berkualitas, bukan semakin runyam)
2. BERBAGI
  • Manfaatkan TMNO untuk menceritakan pengalaman hidupmu sebagai trans men. Mau yang manis-manis maupun yang kayak tai, boleh diceritain di TMNO. Soal pacar kek, ortu kek, sekolah atau kuliah, kerjaan, soal ML, apapun!
3. BERSENANG-SENANG
  • Boys just wanna have fun! Mumpung kumpul sama sodara2 sendiri, waktunya seneng2 kan. Renang, nyanyi2, gitaran, bebakaran, nonton film, masak-masak. Hehehe
Biar tetep asik, peserta TMNO dibatasi 5-10 orang aja. Di setiap TMNO akan ada dua orang fasilitator yang menemani kamu berproses bersama. Namun, semua orang bebas bertanya dan berbagi pengalamannya masing-masing, termasuk tips dalam menghadapi masalah dan rintangan hidup. Jadi, dengan ikut TMNO, kamu akan semakin kaya pengalaman yang bakal berguna banget dalam menjalani hidupmu sehari-hari sebagai seorang trans men yang ganteng dan baik hati.

Bisa dibilang, TMNO adalah versi mini dari Trans Men Camp. Bedanya, TMNO jauh lebih singkat dari Trans Men Camp yang 5 hari 4 malam itu. Meskipun topik obrolannya gak selengkap Trans Men Camp, hal-hal dasar yang sering ditanyakan sama teman-teman akan kita jawab bersama di TMNO.


Untuk sementara ini TMNO baru bisa diadakan di Yogyakarta, Solo, dan Semarang aja.
Kamu dari luar kota dan pengen gabung? Boleh banget asal ngongkosin sendiri.
Kamu pengen bikin TMNO di daerahmu sendiri? Ini juga boleh banget. Langsung kontak Transhition aja buat ngobrol lebih lanjut.
Jadi, buat kamu-kamu yang pengen nanya banyak banget soal trans men dan tetek bengeknya, mending ikut TMNO aja. Daripada KZL karena admin Transhition balesnya putus-putus, yakan? Semua peserta dan fasilitator TMNO adalah teman dan saudara. Jadi, buang rasa malu dan takutmu jauh-jauh. Percaya deh, malu dan takut gak bakal membantumu untuk menjalani hidup berkualitas yang kamu mimpikan.

Sampai ketemu di TMNO!


No comments:

Post a Comment

Pages